Selasa, 06 September 2022

Buku Pedoman Pelaksanaan KKG bagi Guru SD

Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, mempersyaratkan guru untuk: (1) memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4; (2) memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional; dan (3) memiliki sertifikat pendidik. Dengan berlakunya Undang-undang ini diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya melalui pelatihan, penulisan karya ilmiah, pertemuan di Kelompok Kerja Guru (KKG), dan pertemuan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dengan demikian KKG dan MGMP memiliki peran penting dalam mendukung pengembangan profesional guru.

Peningkatan kompetensi guru Sekolah Dasar (SD) dapat ditingkatkan dengan memberdayakan Kelompok Kerja Guru (KKG). Jika dikelola dengan baik, akan menjadikan KKG yang mewadahi guru SD ini menjadi sumber lahirnya guru-guru profesional.
Dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) melaksanakan Program Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU).

Program BERMUTU bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran sebagai dampak peningkatan kompetensi, kuali¦kasi, dan kinerja guru. Salah satu komponen strategis untuk mencapai tujuan tersebut dengan penguatan peningkatan mutu dan profesional guru secara berkelanjutan.

Paket Pembelajaran Model BERMUTU untuk bidang studi yang dirancang dengan mengintegrasikan pendekatan penelitian tindakan kelas, lesson study, dan studi kasus. Guru-guru dapat melakukan kajian kritis terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan, memperbaiki dan mengembangkan kurikulum pembelajarannya, serta mempraktekkan pembelajaran yang baik berdasarkan metode PAKEM dan strategi pembelajaran inovatif lainnya.

Paket Pembelajaran Model BERMUTU di atas dikembangkan dengan melibatkan sejumlah widyaiswara dari P4TK, dosen LPTK, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah, serta mengintegrasikan berbagai masukan dari praktisi lapangan dan nara sumber ahli dari LPTK.

Buku pedoman pelaksanaan KKG bagi guru SD dapat diunduh di bawah ini:


1. Buku Panduan Kualitas KKG
2. Standar Pengembangan KKG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar